Rujukan Skripsi - Pada postingan kali ini akan dibahas tulisan tentang Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Bagi rekan-rekan yang membutuhkan referensi bekenaan dengan pokok bahasan kali ini, silakan dirujuk dan dapat diunduh filenya gratis.
DAFTAR SKRIPSI LENGKAP DARI BAB 1 - 5
Baca juga artikel tentang DAFTARSKRIPSI LENGKAP DARI BAB 1 - 5
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan salah satu sektor penentu keberhasilan pembangunan dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia, mempercepat proses alih teknologi demi kemajuan bangsa dan negara untuk mewujudkan cita-cita pembangunan nasional. Adapun arah dan tujuan pendidikan nasional sebagaimana termaktub dalam SPN tahun 2003 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki ketrampilan dan pengetahuan, berkepribadian mantap, mandiri, sehat jasmani dan rohani, serta mempunyai tanggung jawab yang tinggi terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan di Indonesia diawali dengan jenjang pendididikan dasar yaitu SD dan SMP. Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa sekolah dasar adalah matematika.
Pelajaran matematika bagi pendidikan dasar, pada umumnya tidak disukai karena dianggap sukar dan ditakuti oleh siswa sehingga hal ini dapat mempengaruhi perkembangan belajar matematika. Kesulitan belajar matematika terutama disebabkan oleh sifat khusus dari matematika yang memiliki obyek abstrak. Pelajaran matematika yang berjalan saat ini cenderung ditujukan pada ketrampilan siswa mengerjakan dan menyelesaikan soal-soal matematika. Banyak siswa secara individual kurang memahami konsep matematika yang pada hakikatnya merupakan ilmu deduktif aksiomatis dan berangkat dari hal-hal yang abstrak. Berkaitan dengan proses belajar mengajar yang ditekankan pada penataan nalar, pengembangan sikap kritis, logis dan ketrampilan menerapkan matematika, maka siswa harus memiliki kemampuan memahami konsep matematika sebagai prasyarat yang utama. Untuk itulah, guru pada pendidikan dasar berperan penting dalam menyampaikan konsep-konsep matematika kepada siswanya yang memiliki taraf konkrit, yang mana kesalahan dalam penyampaian konsep oleh guru berakibat fatal terhadap siswa dalam menghadapi permasalahan berikutnya yang masih berhubungan dengan konsep tersebut.
Kesulitan siswa hanya menerima dari guru, tidak kreatif, tidak terampil, dan tidak inovatif. Sehingga siswa tidak mampu menerapkan konsep-konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran berbasis masalah menitik beratkan pemahaman konsep matematika agar dapat menyelesaikan masalah siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Aktivitas belajar dan kemampuan siswa SMP Negeri 3 Cihara Kabupaten Lebak dalam menyelesaikan soal matematika masih rendah. Rendahnya kemampuan tersebut ditunjukkan oleh rendahnya hasil belajar siswa yang masih di bawah standar. Hasil wawancara singkat peneliti dengan guru matematika yang mengajar di kelas sembilan (IX) SMP Negeri 3 Cihara Kabupaten Lebak diperoleh hasil bahwa: 1. siswa sulit memahami konsep matematika tersebut yang bersifat abstrak, 2. siswa tidak siap atau menyiapkan diri sebelum pembelajaran dimulai walaupun materi pelajaran yang akan diajarkan pada pertemuan berikutnya sudah diketahui, dan 3. aktifitas siswa dalam proses pembelajaran masih rendah.
Rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas sembilan (IX) SMP Negeri 3 Cihara Kabupaten Lebak masih rendah, yaitu kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 60. Penilaian terhadap proses belajar tidak hanya bermanfaat bagi guru, tetapi juga bagi para siswa yang pada saatnya akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapainya. Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas sembilan (IX) SMP Negeri 3 Cihara Kabupaten Lebak.
Dari latar belakang tersebut, maka peneliti bertujuan untuk mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pokok Bahasan Kesebangunan Dan Kekongruenan Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Cihara Kabupaten Lebak Tahun Pelajaran 2011/2012”.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.| Dapatkan bukunya di sini
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.| Dapatkan bukunya di sini
Hudoyo, Herman. 2003 . Strategi Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.| Dapatkan bukunya di sini
Ibrahim, M dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.| Dapatkan bukunya di sini
Ibrahim, M. dan Mohamad Nur. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah, Program Pasca Sarjana UNESA, University Press.| Dapatkan bukunya di sini
Kerami, Djati dan Cormentyna Sitanggang. 2003. Kamus Matematik. Jakarta: Balai Pustaka..| Dapatkan bukunya di sini
Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.| Dapatkan bukunya di sini
Rooijakkers, Ad. 2005. Mengajar Dengan Sukses. Jakarta: PT Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia).| Dapatkan bukunya di sini
Sudjana, Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru.| Dapatkan bukunya di sin
_______. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.| Dapatkan bukunya di sini
Suherman, Erman. 1992. Sistem Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.| Dapatkan bukunya di sini
Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (edisi revisi). Bandung : UPI.| Dapatkan bukunya di sini
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Belajar (edisi revisi). Jakarta: Rajawali Pers.| Dapatkan bukunya di sini
Tim MKDU. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : FIP IKIP Semarang.| Dapatkan bukunya di sini
Tim Penyusun KBBI, 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.| Dapatkan bukunya di sini
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tujuan Konseptuan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.| Dapatkan bukunya di sini
Yunanto, Joko Sri. 2004. Sumber Belajar Anak Cerdas. Jakarta: PT. Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia).| Dapatkan bukunya di sini
0 komentar:
Posting Komentar