Pages

Kamis, 04 Desember 2014

DOWNLOAD GRATIS SKRIPSI BAHASA INDONESIA TENTANG PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF CONTROL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BERITA SISWA



Rekan-rekan Rujukan Skripsi yang berbahagia.
Pada postingan kali ini saya akan mengulas tentang
DOWNLOAD GRATIS SKRIPSI BAHASA INDONESIA TENTANG PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF CONTROL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BERITA SISWA. Silahkan dirujuk dan diunduh filenya pada link yang tertera di akhir postingan ini. Atau jika rekan-rekan berminat untuk mencari rujukan skripsi yang lain dengan berbagai judul silahkan unduh filnya di postingan DAFTAR SKRIPSI LENGKAP DARI BAB 1 - 5GRATIS.

Silihkan disimak postingan ini dan semoga bermanfaat.


Rekan-rekan Rujukan Skripsi yang berbahagia.
Pada postingan kali ini saya akan mengulas tentang
DOWNLOAD GRATIS SKRIPSI BAHASA INDONESIA TENTANG HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA EKSTENSIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH BERITA SISWA. Silahkan dirujuk dan diunduh filenya pada link yang tertera di akhir postingan ini. Atau jika rekan-rekan berminat untuk mencari rujukan skripsi yang lain dengan berbagai judul silahkan unduh filnya di postingan DAFTAR SKRIPSI LENGKAP DARI BAB 1 - 5 GRATIS. - See more at: http://rujukanskripsi.blogspot.com/2014/11/download-gratis-skripsi-bahasa.html#sthash.GnwXE2un.dpuf
Rekan-rekan Rujukan Skripsi yang berbahagia.
Pada postingan kali ini saya akan mengulas tentang
DOWNLOAD GRATIS SKRIPSI BAHASA INDONESIA TENTANG HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA EKSTENSIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH BERITA SISWA. Silahkan dirujuk dan diunduh filenya pada link yang tertera di akhir postingan ini. Atau jika rekan-rekan berminat untuk mencari rujukan skripsi yang lain dengan berbagai judul silahkan unduh filnya di postingan DAFTAR SKRIPSI LENGKAP DARI BAB 1 - 5 GRATIS.
- See more at: http://rujukanskripsi.blogspot.com/2014/11/download-gratis-skripsi-bahasa.html#sthash.GnwXE2un.dpuf
Rekan-rekan Rujukan Skripsi yang berbahagia.
Pada postingan kali ini saya akan mengulas tentang
DOWNLOAD GRATIS SKRIPSI BAHASA INDONESIA TENTANG HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA EKSTENSIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH BERITA SISWA. Silahkan dirujuk dan diunduh filenya pada link yang tertera di akhir postingan ini. Atau jika rekan-rekan berminat untuk mencari rujukan skripsi yang lain dengan berbagai judul silahkan unduh filnya di postingan DAFTAR SKRIPSI LENGKAP DARI BAB 1 - 5 GRATIS.
- See more at: http://rujukanskripsi.blogspot.com/2014/11/download-gratis-skripsi-bahasa.html#sthash.GnwXE2un.dpuf
Rekan-rekan Rujukan Skripsi yang berbahagia.
Pada postingan kali ini saya akan mengulas tentang
DOWNLOAD GRATIS SKRIPSI BAHASA INDONESIA TENTANG HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA EKSTENSIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH BERITA SISWA. Silahkan dirujuk dan diunduh filenya pada link yang tertera di akhir postingan ini. Atau jika rekan-rekan berminat untuk mencari rujukan skripsi yang lain dengan berbagai judul silahkan unduh filnya di postingan DAFTAR SKRIPSI LENGKAP DARI BAB 1 - 5 GRATIS.
- See more at: http://rujukanskripsi.blogspot.com/2014/11/download-gratis-skripsi-bahasa.html#sthash.GnwXE2un.dpuf


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pelajaran bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang sangat kompleks dengan menerapkan empat keterampilan berbahasa dengan berbagai materi ajar di dalamnya. Hal ini yang menyebabkan bahwa pelajaran bahasa Indonesia sangat penting dipelajari di sekolah. Materi-materi ajar dari empat keterampilan berbahasa ini dapat mengarahkan dan memotivasi siswa dalam pengalaman nyata yang secara langsung dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu materi ajar yang diajarkan dalam pelajaran bahasa Indonesia adalah membaca teks berita, materi ajar ini merupakan pengembangan dari keterampilan membaca dalam pelajaran bahasa Indonesia. Berita adalah informasi yang berisi fakta mengenai suatu peristiwa yang menarik, hangat dan penting bagi sebagian besar masyarakat yang dapat disampaikan oleh media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau media internet. Namun pada kenyataannya, masih banyak siswa yang tidak dapat membaca berita dengan baik. Hal ini dipicu oleh beberapa hal, diantaranya karena kurangnya motivasi guru terhadap peningkatan keterampilan berita, cara mengajar yang monoton, sehingga materi belajar membaca berita dirasa sangat sulit bagi siswa.
Seperti yang kita ketahui, membaca merupakan kegiatan yang tidak bisa terpisahkan dalam seluruh proses belajar siswa di sekolah. Membaca  merupakan satu dari empat keterampilan pokok berbahasa dan merupakan satu bagian atau komponen dari komunikasi tulisan. Di dalam kehidupan dewasa ini keterampilan membaca sangat penting, mengingat era sekarang adalah era globalisasi yang menuntut masyarakat kritis pada setiap masalah. Kemampuan membaca memiliki andil besar karena dengan membaca berarti kita banyak memperoleh informasi dan pengetahuan tentang apapun. Sulit sekali jika di masa sekarang ini masih ada orang yang belum mampu membaca. Tetapi tidak menuntut kemungkinan jika wacana mengatakan Indonesia merupakan negara yang masih terpuruk dalam masalah membaca. Masalah membaca ini merupakan masalah yang harus harus dipikirkan oleh semua lapisan masyarakat, dan menjadi pekerjaan yang harus dituntaskan terutama oleh lembaga pendidikan yakni sekolah. Kendala lain, rendahnya minat baca masyarakat sehingga membaca menjadi polemik masyarakat yang sangat membosankan dan membuang-buang waktu menjadi alasan lain rendahnya minat baca masyarakat.
Masalah rendahnya minat baca yang dibahas dalam penelitian penulis adalah masalah membaca yang dialami oleh siswa di sekolah. Salah satunya adalah masalah membaca teks berita. Mengenai rendahnya keterampilan membaca siswa di sekolah, tentu dapat diperkirakan akan berpengaruh pada prestasi belajar siswa khususnya pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini seperti informasi yang penulis dapat setelah dilakukan wawancara dengan salah satu guru bahasa Indonesia di MA Matla’ul Anwar Binuangeun Kabupaten Lebak,diperoleh data bahwa nilai rata-rata ulangan harian siswa pada semester ganjil ini untuk salah satu  kelas XI hanya 47 dengan nilai KKM yaitu 75, dari data tersebut hanya 10% yang lulus, sedangkan sisanya di bawah nilai KKM dan ada 30% di antaranya di bawah nilai rata-rata siswa.Terlihat bahwa mayoritas siswa tidak lulus. Data tersebut merupakan salah satu indikator yang menunjukan rendahnya pemahaman siswa, yang berakibat rendahnya hasil belajar siswa dengan kata lain tingkat pemahaman siswa akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Di beberapa sekolah masih terlihat guru yang mengajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Hal ini akan membuat siswa kurang aktif dan kurang kreatif dalam menggunakan dan mengembangkan kemampuannya. Padahal setiap siswa memiliki kemampuan atau potensi yang dapat dikembangkan secara maksimal. Karena dengan menggunakan metode konvensional ini siswa hanya terpaku kepada guru yang menjadi sumber utama belajar.
Agar pemahaman dan apresiasi siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia khususnya kemampuan membaca berita ini dapat lebih ditingkatkan, serta potensi yang dimiliki peserta didik dapat berkembang secara optimal, maka pembelajaran yang sedang berlangsung perlu disempurnakan, khususnya tentang cara sajian pelajaran dan suasana pembelajaran. Meningkatnya minat dan pemahaman siswa tersebut dicapai, karena guru menggunakan suatu pendekatan pembelajaran dan pengajaran kontekstual. Anggapan baru ini dirumuskan sebagai: siswa aktif mengkonstruksi-guru membantu, dengan pendekatan kontekstual melalui model pembelajaran self control dengan salah satu kata kunci yakni memahami pikiran anak untuk membantu anak belajar.
Berdasarkan uraian diatas, maka peneliti mengambil judul Pengaruh Model Pembelajaran Self Control Terhadap Kemampuan Membaca Berita Siswa Kelas XI MA Mathla’ul Anwar Binuangeun Kabupaten Lebak Tahun Pelajaran 2013/2014
B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah :
         1.      Apa yang dimaksud dengan membaca berita?
         2.      Bagaimana teknik membaca berita?
         3.      Bagaimana cara membaca berita yang baik?
         4.      Apakah model pembelajaran self control dapat berpengaruh terhadap kemampuan membaca berita siswa ?
C.     Pembatasan masalah
Berdasarkan uraian di atas, maka batasan masalah dalam penelitian ini adalah :
1.                  Kemampuan membaca berita  siswa kelas XI MA Mathla’ul Anwar Binuangeun Kabupaten Lebak Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan model pembelajaran self control.
2.                  Kemampuan membaca berita  siswa kelas XI MA Mathla’ul Anwar Binuangeun Kabupaten Lebak Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori
3.                  Pengaruh model pembelajaran self control terhadap kemampuan membaca berita siswa kelas XI MA Mathla’ul Anwar Binuangeun Kabupaten Lebak Tahun Pelajaran 2013/2014.
D.    Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
         1.      Bagaimana kemampuan membaca berita siswa kelas XI MA Mathla’ul Anwar Binuangeun Kabupaten Lebak Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan model pembelajaran self control ?
         2.      Bagaimana kemampuan membaca berita siswa kelas XI MA Mathla’ul Anwar Binuangeun Kabupaten Lebak Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori ?
         3.      Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran self control terhadap kemampuan membaca berita siswa kelas XI MA Mathla’ul Anwar Binuangeun Kabupaten Lebak Tahun Pelajaran 2013/2014 ?
E.           Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui kemampuan membaca berita siswa kelas XI MA Mathla’ul Anwar Binuangeun Kabupaten Lebak Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan model pembelajaran self control.
2.      Untuk mengetahui kemampuan membaca berita siswa kelas XI MA Mathla’ul Anwar Binuangeun Kabupaten Lebak Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori.
3.      Untuk mengetahui model pembelajaran self control terhadap kemampuan membaca berita siswa kelas XI MA Mathla’ul Anwar Binuangeun Kabupaten Lebak Tahun Pelajaran 2013/2014.
F.            Manfaat Penelitian
Di setiap melakukan penelitian diharapkan ada manfaat baik secara praktis maupun teoritis, seperti berikut:
         1.      Manfaat Praktis
Beberapa manfaat praktis penelitian ini di harapkan sebagai berikut:
1)      Bagi sekolah yang bersangkutan penelitian ini dapat sebagai bahan masukan untuk meningkatkan kualifikasi memilih model    pembelajaran.
2)      Bagi guru, penelitian ini memberi kontribusi yang cukup untuk memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar, guna memudahkan proses pembelajaran sehingga tercapainya ketuntasan pembelajaran.
3)      Bagi siswa, memberi manfaat untuk meningkatkan prestasi belajar terutama meningkatkan kemampuan membaca berita.
         2.      Manfaat Teoritis
Penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangsih pemikiran bagi perkembangan ilmu pendidikan, terutama dalam memilih model pembelajaran, untuk meningkatkan proses belajar dan hasil belajar siswa.

Demikian postingan pada kali ini. Untuk mendapatkan file lengkapnya dalam format Word silahkan download gratis disini. Untuk mendapatkan PASSWORD silahkan klik DISINI

0 komentar:

Posting Komentar