BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang kian pesatdan perubahan global dalam berbagai aspek kehidupan yang datang begitu cepat menjadi tantangan bangsa dalam mempersiapkan generasi masa depan, termasuk peserta didik.
Untuk menghadapi dinamika dan mengantisipasi persoalan-persoalan kemungkinan besarsudah atau akan terjadidalam bidang pendidikan perlu disiapkan perangkat aturan atau kurikulum yang berbasis kompetensi. Kompetensi tersebut diharapkan dapat mengembangkan ketrampilan dan keahlian untuk dapat mempertahankan hidup di tengah perubahan dunia yang tiba-tiba, cepat, rumit, tidak pasti dan tidak menentu.
SMP Negeri 1 Adiwernatermasuk sekolah unggulandi Kabupaten Tegal dan sekolah yang berstandar nasional(SSN) dalam pembelajarannya menggunakan kurikulum 2004 yang berbasis pada kompetensi. Namun kenyataannya berdasarkan pengamatan dan pengalaman guru pengajar matematika SMP Negeri 1 Adiwerna, masih banyak siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya materi Pythagoras masih mengalami kendala dan belum memperolehhasil yang memuaskan. Hal ini bisa dilihat darihasil ulangan harian untuk pokok bahasan tersebut diatasmempunyai rata-rata nilai 65,1 padahal nilai batas tuntas sekolah yaitu 67.
Mengingat kondisi tersebut di atas, maka dalam pembelajaran matematika, peneliti berupaya untuk merancang model pembelajaran dan pendekatan serta pemilihan media yang tepat agar tujuan pembelajaran matematika berhasil.
Minat siswaperlu dibangkitkan dalam prosespembelajaran dengan variasi pembelajaran yang menarik, sehingga nantinya dapat mengerjakan soal dengan benar. Misalnya nilai tersebut perlu ditingkatkan melalui penerapan atau praktek langsung pada benda-benda kongkret yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari (contextual problem).
Berdasarkan uraian tersebut di atas penulis ingin mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual pada pokok bahasan Pythagoras terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Adiwerna KabupatenTegal semester gasal tahun pelajaran 2006-2007. untuk mengetahui penerapanpembelajaran kontekstual tersebut maka langkah yang perlu diambil adalah membandingkan hasilpembelajaran tahun lalu dengan pembelajaran yang menggunakan pembelajaran kontekstual.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
0 komentar:
Posting Komentar